Perbedaan, Kelebihan dan Kekurangan Mechanical dan Regulated Mod Vaporizer

Posted by Blog Review Personal Vaporizer Indonesia on Sunday, January 8, 2017

          Okay, tulisan ini gue buat khusus buat kalian yang bingung mau beli mechanical mod atau regulated mod. Sebelum lanjut lebih jauh ada baiknya kalian tahu apa itu mod. Nah, mod adalah tempat dimana baterai bersemayam sekaligus penyambung dan pemutus aliran listrik dari baterai ke atomizer. Mod biasanya digolongkan menjadi dua yaitu mechanical mod dan regulated mod / electrical mod. Kalau kita perhatikan keduanya mempunyai perbedaan, penasaran? Yuk kita bahas lebih dalam!


1. Mechanical Mod
          Umumnya mechanical mod itu bentuknya tabung panjang atau silinder, tapi ngga semua bentuk tabung lho ya, contohnya seperti Wismec Noisy Cricket, Kangertech Dripbox, dan masih banyak lagi. Itu adalah perbedaan yang pertama, perbedaan selanjutnya yang paling terlihat yaitu umumnya mechanical mod tidak mempunyai screen atau layar dan port usb, jadi kalian harus beli charger baterai 18650 eksternal untuk mengisi ulang dayanya. Cara kerja mod ini cukup mudah, yaitu seperti pada senter, ketika tombol on pada senter ditekan otomatis lampu senter nyala, begitu juga pada mechanical mod ini. Ketika tombol firing ditekan, otomatis atomizer mampu mengeluarkan panas yang cukup untuk memproduksi uap vapor. Simple bukan? bukan simple?
          Kelebihannya adalah mecha mod tidak mempunyai komponen sirkuit elektronik seperti regulated mod. *Lho kok itu malah kelebihannya? Yup, tanpa komponen elektronik seperti chip, kalian tidak akan berhadapan dengan sistem cut off (sistem putus arus otomatis ketika vaporizer melebihi batas kemampuan mod, tujuannya untuk mengurangi hal yang tidak diinginkan), tidak ada batasan ampere / ampere limit jadi kalian bisa setting sesuka kalian, dan karna tidak ada komponen elektronik didalamnya mecha mod lebih tahan lama dan awet walaupun mendapat benturan ringan *banting aja kalo ga percaya, pelan-pelan tapi. Umumnya harga mecha mod authentic lebih murah dibanding regulated mod, karna tidak terdapat komponen elektronik dan lain sebagainya. Kecuali kalo yang jualan nyari untung gede-__-
          Setiap kelebihan pasti ada kekurangan, betul jamaah? *betul ustad. Kekurangan si mecha mod ini adalah tidak adanya port usb, jadi kalian harus, kudu, wajib menyiapkan biaya tambahan untuk membeli charger eksternalnya. Lalu kalian juga harus punya ohm meter, yaitu alat untuk melihat seberapa besar resistensi pada wire / kawat yang kita buat. Selain itu, untuk vapers pemula tidak dianjurkan untuk memilih mecha mod ini, kenapa? karna kalian harus paham hukum law, paham spesifikasi baterai, paham jenis baterai yang dipakai untuk mecha mod dan lain sebagainya. Karna hal-hal seperti watt, ampere, volt, tidak akan diatur otomatis oleh mecha mod seperti pada regulated mod. Jadi untuk mengurangi hal-hal yang tidak diingingkan, lebih baik gunakan regulated mod terlebih dahulu. Contoh mechanical mod yaitu VGOD Pro Mech.

2. Electrical / Regulated Mod

          Regulated mod, adalah mod pintar yang dilengkapi dengan software dan firmware. Regulated mod memungkinkan vapers untuk mengatur watt dan temperatur mod dengan mudah. Berdasarkan resistensi coil, dan watt yang ditentukan vapers, mod jenis ini langsung dapat membaca dan menentukan berapa ampere yang dibutuhkan secara otomatis. Regulated mod mempunyai screen dan port usb, port usb pada regulated mod umumnya digunakan untuk update firware dan charging baterai. 
          Kelebihan regulated mod sendiri sudah gue jelaskan yah diatas. Satu lagi kelebihan dari regulated mod, pada regulated mod modern ada yang namanya "preheat control". Pre dalam kbbi artinya depan atau sebelum, Heat dalam bahasa inggris artinya panas, preheat control berfungsi untuk mengurangi delay firing dari suatu mod, jika atomizer dalam keadaan baru dipakai atau dingin, biasanya saat kita firing ada jeda beberapa sepersekian detik sebelum coil benar-benar panas. Dengan mengatur besarnya watt awal dan lamanya waktu yang diinginkan, vapers tidak perlu inhale terlalu lama pada saat pertama kali vape. Sistem preheat control ini bisa ditemukan pada mod seperti Wismec Reuleaux 2/3 dan Wismec Reuleaux 200s. Selain sistem diatas, biasa regulated mod memiliki sistem otomatis stop firing, dimana jika kalian memencet tombol firing lebih dari batas waktu, maka firing akan otomatis dihentikan.
          Umumnya juga regulated mod dapat diisi lebih dari satu baterai seperti Sigelei Fuchai 213 yang dapat memuat 2 baterai, Wismec Reuleaux 200s yang dapat memuat 3 baterai, dan Ijoy Maxo yang dapat memuat 4 baterai sekaligu, jadi vapers tidak perlu takut baterai habis saat nongkrong.
          Kekurangan regulated mod adalah, komponen-kompenen elektrik didalam regulated mod sangat rentan, regulated mod tidak resisten terhadap air, jadi lebih rentan terhadap konslet, juga rentan terhadap kerusakan internal dari software dan firmware maupun kerusakan hardwarenya. Regulated mod juga mempunyai batas ohm, mod akan tidak akan bisa firing ketika ohm melampaui batas ohm pada mod.

Incomming search terms: Apa Perbedaan Mechanical dan Regulated mod. Apa Perbedaan Mecha mod dan Electric Mod. Mechanical Mod adalah. Regulated Mod adalah. Kelebihan Mechanical dan regulated mod. kekurangan mechanical dan regulated mod. Mechanical mod yang bagus. Electrical mod yang bagus. Regulated mod yang bagus.

Blog, Updated at: 7:32 AM

0 comments:

Post a Comment